Keripik singkong merupakan salah
satu produk makanan ringan yang banyak digemari konsumen. Rasanya yang renyah
dan murahnya harga yang ditawarkan menjadikan produk tersebut sebagai
alternatif tepat untuk menemani waktu santai Anda bersama rekan dan keluarga.
Seiring dengan meningkatnya
permintaan konsumen, kini keripik singkong mulai diinovasikan menjadi keripik
pedas dengan beberapa tingkatan level. Salah satu contohnya Keripik Singkong Panggang THUN. Meskipun trend tersebut belum lama
dikenal masyarakat luas, namun perkembangannya sudah sangat pesat, sehingga
banyak produsen keripik singkong mulai beralih jalur dengan menambahkan ekstra
pedas pada produk keripik yang diciptakannya.
Sejatinya, produk keripik singkong pedas bukan barang baru bagi masyarakat Indonesia. Namun dengan menambahkan sedikit inovasi dalam hal peningkatan level rasa pedas yang ditawarkan, kini keripik tersebut banyak dicari konsumen dan menjadi salah satu peluang bisnis menarik yang menjanjikan untung besar bagi pelakunya.
Konsumen
Rata-rata penggemar berat makanan
pedas adalah kalangan remaja atau anak muda. Anda bisa menjadikannya sebagai
target pasar yang sangat potensial, dengan cara menawarkan beberapa level rasa
pedas untuk memenuhi permintaan para konsumen.
Info Bisnis
Saat ini berbagai macam merek
keripik pedas bisa kita temukan di pasaran. Sebut saja keripik pedas Maicih,
Kripik Setan, Keripik Jenglots, Kripik Goal, Keripik Mang Lada, dan masih
banyak lagi merek keripik pedas lainnya yang bisa kita temukan di berbagai
pelosok daerah. Rata-rata para produsen keripik pedas tersebut menawarkan
tingkatan level pedas dari mulai level satu hingga level sepuluh, atau ada juga
yang menawarkan level Dewa dan setengah Dewa, Level Gak Pedas sampai Level Pedas Sangar untuk Keripik Singkong Panggang THUN, untuk membedakan tingkat pedas
yang ditawarkannya kepada para konsumen.
Nah, bagi Anda yang tertarik
mengangkat keripik singkong pedas sebagai peluang usaha Berikut ini kami
informasikan beberapa hal yang perlu Anda siapkan, sebelum memulai usaha
tersebut.
- Pertama-tama ketahui jenis singkong yang berkualitas bagus. Lebih baik Anda bekerjasama langsung dengan petani singkong yang ada di kota Anda, untuk mendapatkan harga beli yang lebih miring dan kualitasnya benar-benar terjamin.
- Persiapkan peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk memproduksi keripik singkong pedas. Misalnya saja seperti mesin pengiris singkong (slicer), mesin pengemas (sealer), alat penggorengan, plastik kemasan, dll.
- Tingkatkan pengetahuan dan keterampilan Anda dalam mengolah kripik singkong. Pastikan kripik singkong yang Anda hasilkan memiliki tekstur yang renyah dan cita rasa pedasnya memberikan sensasi berbeda bagi lidah para konsumen.
- Memiliki strategi yang unik untuk mengemas keripik pedas dengan menarik. Selain cita rasanya yang lezat, kemasan produk menjadi salah satu daya tarik yang cukup kuat bagi para konsumen. Kemasan yang menarik akan membuat calon konsumen tertarik, hingga akhirnya mereka penasaran dan membeli produk keripik singkong pedas yang Anda tawarkan.
Bahan :
1 Kg singkong diiris bulat tipis
1 sendok teh kapur sirih
1 Kg singkong diiris bulat tipis
1 sendok teh kapur sirih
Bumbu :
5 butir bawang merah
1 sendok makan cuka
4 siung bawang putih
Garam menurut selera
2 ons cabe giling
10 butir cabe merah
Minyak goreng.
5 butir bawang merah
1 sendok makan cuka
4 siung bawang putih
Garam menurut selera
2 ons cabe giling
10 butir cabe merah
Minyak goreng.
Cara membuatnya :
- Irisan singkong di rendam dalam air kapur sirih selama 1/2 jam
- Haluskan bumbu dan tumis dengan api kecil sampai bumbu merata dan kental
- Setelah matang masukkan cuka secukupnya dan dinginkan.
- Tiriskan irisan singkong, keringkan diatas nampan beralaskan kertas atau lap kering.
- Goreng irisan singkong dalam minyak panas dan terendam.
- Jangan sampai singkong melekat satu sama lain. Bila busa minyak hilang angkat gorengan dan tiriskan.
- Aduk bersama sambal yang telah dingin.
Kelebihan Bisnis
Prospek bisnis keripik singkong
pedas masih sangat terbuka lebar. Bahkan saat ini banyak konsumen yang
menjadikan keripik singkong pedas sebagai buah tangan yang cocok bagi sanak
saudara di luar kota. Sehingga tidak heran bila sekarang ini keripik Maicih
menjadi pilihan alternatif bagi para wisatawan yang berkunjung ke kota Bandung,
dan singkong balado pedas menjadi pilihan oleh-oleh khas dari daerah Padang.
Disamping prospeknya yang masih
sangat bagus, menjalankan bisnis keripik singkong pedas tidak membutuhkan modal
yang terlalu besar. Anda bisa memulainya dengan skala rumah tangga, dan
menggunakan perabot dapur di rumah Anda sebagai sarana dan prasarana dalam
memproduksi keripik singkong pedas. Yang terpenting dalam proses produksi
adalah menggunakan bahan baku berkualitas bagus dan mengasah keahlian Anda
dalam mengolah singkong, sehingga cita rasa yang dihasilkan juga benar-benar
berkualitas.
Kekurangan Bisnis
Kendala usaha yang biasanya ditemui para produsen keripik singkong pedas adalah sulitnya mendapatkan persediaan bahan baku singkong dan cabe yang benar-benar berkualitas bagus. Persediaannya yang kurang stabil membuat harga bahan baku tersebut cenderung naik turun, sehingga para pelaku usaha harus pintar-pintar menyiasatinya tanpa harus menaikan harga jual produk ke pasaran.
Kendala usaha yang biasanya ditemui para produsen keripik singkong pedas adalah sulitnya mendapatkan persediaan bahan baku singkong dan cabe yang benar-benar berkualitas bagus. Persediaannya yang kurang stabil membuat harga bahan baku tersebut cenderung naik turun, sehingga para pelaku usaha harus pintar-pintar menyiasatinya tanpa harus menaikan harga jual produk ke pasaran.
Selain itu, kendala berikutnya yaitu
adanya persaingan pasar yang cukup ketat. Sekarang ini jumlah produsen keripik
singkong pedas sudah cukup banyak di pasaran, sehingga para pelaku usaha
dituntut untuk menghasilkan cita rasa yang lezat dan melengkapinya dengan
kemasan yang bisa menarik perhatian konsumen.
Strategi pemasaran yang perlu Anda
lakukan yaitu membranding produk Anda sebagai salah satu keripik singkong
dengan cita rasa yang super ekstra pedas. Dalam hal ini Anda bisa mencantumkan
merek serta slogan tertentu yang bisa menyampaikan pesan pedas pada keripik
tersebut kepada para konsumen. Dengan strategi tersebut, diharapkan bisa
menimbulkan rasa penasaran bagi para konsumen, hingga pada akhirnya mereka
mulai percaya untuk mencoba produk buatan Anda.
Selanjutnya untuk memperluas
jangkauan pasar, Anda bisa membuka sistem keagenan baik secara offline maupun
online bagi para distributor makanan yang tertarik memasarkan produk keripik
singkong Anda. Cara ini terbilang efektif, karena selain tidak dibutuhkan tambahan
biaya promosi, Anda mendapatkan bantuan dari para agen untuk meningkatkan omset
penjualan setiap bulannya. Strategi promosi lainnya yang juga bisa Anda
jalankan yaitu dengan cara mengikuti berbagai pameran UKM yang sering diadakan
di sekitar daerah Anda. Melalui pameran, Anda bisa mengenalkan produk keripik
singkong pedas kepada khalayak ramai, dan membuka peluang yang lebih besar
untuk mengembangkan usaha tersebut.
Kunci Sukses
Dalam menjalankan bisnis keripik singkong pedas, yang terpenting adalah menjaga kualitas cita rasa pedas yang ditawarkan dan menjamin kerenyahan keripik yang dihasilkan. Kedua hal tersebut menjadi faktor penentu kualitas keripik singkong yang Anda tawarkan kepada para konsumen. Kemudian, dukung kualitas produk Anda dengan strategi pengemasan produk yang menarik. Hal ini penting untuk menarik perhatian konsumen dan menjadi salah satu alat bagi mereka untuk membedakan produk Anda dengan produk lainnya milik kompetitor.
Dalam menjalankan bisnis keripik singkong pedas, yang terpenting adalah menjaga kualitas cita rasa pedas yang ditawarkan dan menjamin kerenyahan keripik yang dihasilkan. Kedua hal tersebut menjadi faktor penentu kualitas keripik singkong yang Anda tawarkan kepada para konsumen. Kemudian, dukung kualitas produk Anda dengan strategi pengemasan produk yang menarik. Hal ini penting untuk menarik perhatian konsumen dan menjadi salah satu alat bagi mereka untuk membedakan produk Anda dengan produk lainnya milik kompetitor.
Analisa Usaha
Asumsi
-
Produksi skala rumah tangga
-
Dibantu oleh dua orang tenaga kerja
Modal
awal
Mesin
pengiris singkong
(Slicer) Rp
4.500.000,00
Mesin
pengemas
(Sealer) Rp
500.000,00
Peralatan
menggoreng (wajan dan alat penirisnya) Rp 300.000,00
Kompor
gas dan tabung 3
kg
Rp 300.000,00+
Total
Rp 5.600.000,00
Peralatan
mengalami penyusutan dengan rincian sebagai berikut :
-
Mesin slicer : 1/60 x Rp 4.500.000,00 Rp
75.000,00/bln
- Mesin
sealer : 1/36 x Rp 500.000,00 Rp
13.900,00/bln
- Penggorengan
: 1/36 x Rp
300.000,00 Rp 8.400,00/bln
- Kompor
gas : 1/36 x Rp 300.000,00 Rp
8.400,00/bln+
Total Rp
105.700,00/bln
Biaya
operasional per bulan
Belanja
bahan baku per hari :
-
Singkong (Rp 1.500,00/kg x 50 kg)
Rp 75.000,00
- Minyak
goreng (Rp 13.000,00/kg x 20 kg) Rp 260.000,00
-
Cabe
Rp
250.000,00 +
Total
Rp 585.000,00
Biaya
belanja per bulan :
Rp
585.000,00 x 30
hari Rp
17.550.000,00
Plastik
kemasan Rp 1.500.000,00
Gas
3 kg (Rp 17.500,00 x 15
tabung) Rp
262.500,00
Gaji
pegawai (2 orang x Rp
800.000,00) Rp 1.600.000,00
Biaya
transportasi Rp
1.000.000,00
Biaya
penyusutan
peralatan Rp
105.700,00+
Total Rp
22.018.200,00
Omset
penjualan per bulan
Rata-rata
penjualan produk Rp 1.000.000,00/hari :
Rp
1.000.000,00 x 30
hari Rp
30.000.000,00
Laba
bersih per bulan
Rp
30.000.000,00 - Rp
22.018.200,00 Rp
7.981.800,00
Semoga informasi peluang usaha
keripik singkong ini bermanfaat bagi para pembaca, dan menjadi inspirasi bisnis
bagi Anda yang sedang bingung untuk memulai sebuah usaha. Ciptakan peluang baru
bagi bisnis Anda, dan datangkan untung sebesar-besarnya. Mulai dari yang kecil,
mulai dari yang mudah, mulai dari sekarang. Salam sukses.
sumber : serambiusaha.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar